Memahami perbedaan penggunaan because of dan due to di bahasa Inggris

Memahami perbedaan penggunaan because of dan due to di bahasa Inggris




"Because of" dan "due to" merupakan frasa preposisi yang sering digunakan untuk menunjukkan penyebab atau alasan dari sesuatu, namun keduanya digunakan dengan cara yang sedikit berbeda dan memiliki peran tata bahasa yang berbeda.

"Because":


"Because of" adalah frasa preposisi yang biasanya diikuti oleh kata benda atau frasa kata benda. Frasa ini digunakan untuk menunjukkan alasan atau penyebab dari suatu tindakan atau situasi.

Contoh: "The game was canceled because of the heavy rain." Dalam kalimat ini, "because of" diikuti oleh frasa kata benda "the heavy rain," yang menunjukkan alasan pembatalan pertandingan.

"Due to":


"Due of" juga merupakan frasa preposisi, namun sering kali diikuti oleh kata sifat atau kata benda. Frasa ini digunakan untuk mengaitkan hasil atau akibat dengan penyebab atau alasan tertentu.

Contoh: "The delay in the project was due to a lack of funding." Dalam kalimat ini, "karena" diikuti oleh frasa kata sifat "kurangnya dana", yang mengaitkan penyebab penundaan dengan kurangnya dana.


Singkatnya, perbedaan utama antara "because of" dan "due to" terletak pada struktur dan jenis frasa yang mengikutinya. "Because of" biasanya diikuti oleh kata benda atau frasa kata benda dan menunjukkan alasan dari suatu tindakan atau situasi, sedangkan "due to" sering kali diikuti oleh kata sifat atau kata benda dan mengaitkan hasil dengan penyebab tertentu. Namun, dalam banyak kasus, kedua kata ini dapat digunakan secara bergantian tanpa kehilangan makna yang signifikan.

Apa perbedaan antara kedua frasa tersebut?

Saat menulis, banyak orang cenderung memilih "due to" daripada "because" karena singkat dan mudah diucapkan, dan entah bagaimana terdengar sedikit lebih formal. Namun menurut aturan tata bahasa tradisional, biasanya ini bukan pilihan yang tepat.

Secara teknis, "because of" hanya boleh digunakan sebagai kata sifat dan muncul setelah kata benda. Sebagai contoh, Anda bisa mengatakan: The cancellation was due to rain.  "cancellation" adalah kata benda, dan "due to" menjelaskannya. 

"Because of", di sisi lain, harus memodifikasi kata kerja. Jadi, Anda mungkin ingin mengatakan: The game was canceled because of rain.  "Was canceled" adalah frasa kata kerja, sehingga "because of" adalah pilihan yang tepat.

Beberapa cara mudah untuk mengingatnya


Cara lain yang mudah untuk mengingat aturan ini adalah bahwa "due to" dapat diganti dengan "caused by". 

Pada kalimat A cancellation can be caused by rain (Pembatalan dapat disebabkan oleh hujan), tetapi mengatakan bahwa it was canceled caused by rain tidaklah masuk akal.

Berikut adalah beberapa contoh untuk membantu Anda memvisualisasikan perbedaannya:

Benar: The business failed because of its poor location.
Salah: The business failed due to its poor location.

Benar: The business’s failure was due to poor location.
Salah: The business’s failure was because of poor location.

Tentu saja, bahasa berubah seiring berjalannya waktu, dan banyak ahli tata bahasa yang berpendapat bahwa aturan "due gto" vs "because of" sudah tidak relevan lagi. Dalam percakapan sehari-hari, Anda mungkin tidak perlu merasa sadar diri untuk menggunakan kata yang "salah", tetapi jika Anda tahu bahwa Anda sedang mengirim email kepada seorang ahli tata bahasa, Anda mungkin ingin bermain aman dan mengingat aturan ini. Anda tidak ingin diejek karena tata bahasa yang buruk, bukan? Meskipun demikian, Topik penggunaan tata bahasa ini adalah aturan tata bahasa lain yang bisa Anda abaikan dengan aman.
 
Fifteen Words
Bagi kamu yang ingin selalu meningkatkan kosa kata Bahasa inggris kamu, bisa belajar di channel ini ya 😊 semoga bermanfaat.
Promo EngBreaking

more Quotes
Rekomendasi Buku
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

PERHATIAN !
Kamu senang baca buku? Yuk lihat rekomendasi buku yang mungkin cocok untuk kamu di Katalog Buku. Katalog Buku adalah situs review buku yang menjadi rekomendasi bagi para pecinta buku.

Iklan

ERHASTORE.CO.ID hadir sebagai jawaban atas tingginya permintaan customer untuk dapat berbelanja online produk-produk ERHA tanpa resep atau sering disebut ERHA Over-The Counter products (ERHA OTC). ERHASTORE.CO.ID menyediakan rangkaian produk ERHA OTC, mulai dari kategori anti aging, brightening (whitening), acne (jerawat), perawatan muka dan kulit, tubuh, kosmetik, hair grow (perawatan rambut rontok), perawatan untuk senior, produk bayi dan suplemen kulit dan rambut. ERHASTORE.CO.ID hanya menjual produk-produk ERHA yang asli dan teruji.
Toko Online
πŸ…±πŸ…°πŸ…·πŸ…°πŸ†‚ πŸ…ΈπŸ…½πŸ…ΆπŸ…ΆπŸ†πŸ…ΈπŸ†‚.πŸ…²πŸ…ΎπŸ…Ό

Subscribe Kami


R̼e̼k̼o̼m̼e̼n̼d̼a̼s̼i̼ B̼u̼k̼u̼ G̼r̼a̼m̼e̼d̼i̼a̼.com

Kunjungi

Rekomendasi Buku

Mungkin Menarik Bagi Anda:

Cari Artikel :

Sering Dilihat

    Rekomendasi Buku

    Ad Code

    close