5 Langkah efektif dalam belajar bahasa Inggris. Baca ini bagi kamu yang kesulitan dalam bahasa Inggris

5 Langkah efektif dalam belajar bahasa Inggris. Baca ini bagi kamu yang kesulitan dalam bahasa Inggris




Jika kamu sering bertanya pada diri kamu sendiri 'bisakah saya berbahasa Inggris?', Jawabnya adalah kamu bisa melakukannya. Karena tujuan dasar dari belajar suatu bahasa adalah sebagai alat berkomunikasi, termasuk belajar bahasa Inggris. 

Namun yang sering sekali menjadi masalah umum yang terjadi bahkan kamu sering alami adalah bagaimana cara untuk memulainya? Langkah apa yang perlu dilakukan? dan berbagai pertanyaan yang mungkin pernah terlintas di benak kamu.So, untuk itu kamu bisa melakukan 5 Langkah efektif dalam belajar bahasa Inggris yang bisa kamu lakukan dalam belajar bahasa Inggris agar kamu bisa. Silakan baca sampai tuntas ya.

Namun sebelumnya, ada beberapa hal penting yang harus kamu pertimbangkan di di dalam belajar bahasa, yaitu:

  1. Niat dan alasan yang kuat untuk bisa menguasai suatu bahasa. Ketika kamu punya keinginan untuk menguasai suatu bahasa, hal yang pertama kamu perlu lakukan adalah mengenal tujuan dan Alasan kenapa kamu ingin menguasai bahasa tersebut, seberapa penting bagi kamu, dan berapa lama waktu yang diperlukan dalam mempelajari suatu bahasa.
  2. Mentor atau tutor yang cocok dengan kamu. Pilih lah mentor atau tutor yang cocok menurut kamu, baik dari segi pola pengajaran, karakteristik mentor, serta metode yang digunakan. Ada banyak tutor yang mau mengajari kamu, tapi apakah mereka sudah sesuai dengan keinginan kamu? Ada baiknya jika kamu bisa memilih seorang native sebagai mentor kamu agar bisa lebih natural untuk belajar kefasihannya.
  3. Lingkungan dan Fasilitas pendukung. Lingkungan sangat berpengaruh bagi keberhasilan dan keefektifan kamu dalam belajar suatu bahasa. Lingkungan yang dimaksudkan adalah atmosfer dari tempat kamu belajar, apakah mendukung di dalam program belajar bahasa kamu atau tidak, serta apakah lingkungan tersebut memberikan kenyamanan saat kamu belajar?. Dan jangan lupakan fasilitas yang disediakan, apakah sudah sangat mendukung dalam kelancaran proses program belajar bahasa kamu?
  4. Carilah partner yang bisa menjadi 'pelatih' pribadi bagi anda dalam berbicara. Memiliki teman yang baik itu mengasyikan, apalagi yang juga menguasai bahasa yang sedang kamu pelajari. Minta lah kesediaan teman kamu untuk menjadi teman berlatih bagi kamu disaat kamu memiliki waktu luang bersama mereka. Tidak perlu terlihat formal, berbicara dengan suasana santai bisa memberikan efek yang menyenangkan bagi kamu saat berlatih dengan mereka.
Setelah kamu mempertimbangkan dan melakukan beberapa hal yang kami sebutkan diatas, langkah selanjunya adalah mulai belajar dengan mengetahui 5 Langkah efektif dalam belajar bahasa Inggris pemula yang perlu kamu kuasai. 

Langkah #1

Pelajari berbagai kosa kata dalam bahasa Inggris dalam berbagai topik, jenis dan bentuk kata dari kosa kata tersebut. 

Pelajari berbagai kosa kata dalam bahasa Inggris dalam berbagai topik, jenis dan bentuk kata dari kosa kata tersebut.


Tujuan dari mengenal kosa kata adalah agar kamu bisa membuat sendiri kalimat di bahasa Inggris. Untuk itu diperlukan penguasaan kosa kata yang tidak terbatas. Di dalam membuat kalimat, tentunya ada beberapa bagian yang diperlukan dalam pembentukan nya. Apa saja bagian tersebut ?

Kata

adalah kumpulan dari beberapa huruf yang memiliki makna atau arti. Contoh : r-u-n (lari), b-i-k-e (sepeda), m-i-l-k (susu)

Frasa

adalah gabungan dari dua kata atau lebih yang tidak memiliki Subjek atau pun Predikat. Contoh : My book (Buku saya), Blue shirt (Kemeja biru), A kind old man (Seorang pria tua yang baik).

Klausa

adalah gabungan dari dua kata (frasa) atau lebih yang sudah memiliki Subjek dan Predikat maupun Objek nya namun belum memberikan informasi yang lengkap. Contoh :
My book (sebagai Subjek) is (predikat) new (objek)

Kalimat

adalah gabungan dari kata,frasa, dan klausa dan memberikan informasi yang lengkap.

 Contoh :

My book (sebagai Subjek) is (predikat) new (objek). I ( Subjek) bought ( predikat) it ( Objek) yesterday ( sebagai keterangan).

Tujuan kita memahami ini adalah untuk memudahkan kita dalam menyusun kalimat dengan aturan pola kalimat, khususnya dalam membuat kalimat bahasa Inggris. Kamu bisa memahami  hal ini dengan mempelajari Subject, Predicate, dan Object di dalam Bahasa Inggris.

Sebelum kamu mempelajari pola kalimat tersebut, penguasaan akan kosakata sebanyak mungkin adalah hal mutlak yang kamu harus kuasai agar bisa membuat kalimat di bahasa Inggris. Kosa kata atau vocabulary  di dalam bahasa Inggris itu sangat banyak, tapi secara pengklasifikasian kelompok kata, kosa kata bahasa Inggris itu terbagi kedalam 8 kelompok kata yang sering di istilahkan dengan parts of speech.
 
Apa saja part of speech itu? antara lain adalah:


Untuk memahami fungsi dan contoh dari masing-masing kata tersebut, kamu bisa pelajari di Parts of Speech : Jenis-Jenis Kata Di Dalam Bahasa Inggris

Untuk tips mengenai menguasai kosa kata, bisa di baca di Tips sederhana menguasai kosakata bahasa Inggris.

Langkah #2

Mulai belajar membuat kalimat sederhana (simple) di bahasa Inggris.



Kalimat sederhana yang dimaksud disini adalah kalimat bentuk simpleyaitu bentuk kalimat yang tidak menunjukan perbuatan sedang dilakukan atau terjadi ( sering disebut continuous ) dan kalimat yang menyatakan sesuatu telah terjadi atau sudah dilakukan ( sering disebut perfect ). Secara singkat, kalimat simple adalah kalimat yang bukan berbentuk continuous dan berbentuk perfect.

Kalimat berbentuk simple di dalam bahasa Inggris, terbagi kedalam 3 bentuk tenses. Antara lain :.

1. Simple Present Tense

2. Simple Past Tense

3. Simple Future Tense

Untuk memahami apa itu tenses di bahasa Inggris, akan kita bahas di poin berikutnya ya.

Pada prinsipnya di dalam membuat kalimat di bahasa Inggris termasuk di kalimat sederhana, kita bisa membagi kalimat tersebut menjadi kepada  2 kelompok kalimat yaiu kalimat verbal dan kalimat non verbal

Kalimat verbal adalah kalimat yang menunjukan adanya perbuatan atau tindakan yang dilakukan. Kalimat verbal dapat juga di pahami sebagai kalimat yang menginformasikan tentang kegiatan atau perbuatan pada kalimat. Jenis kalimat ini menggunakan kata kerja bentuk  Irregular verb dan Regular Verb.

 Sedangkan Kalimat Non Verbal adalah membuat kalimat bahasa Inggris yang tidak mengandung unsur perbuatan atau tindakan  pada kalimat tersebut tetapi hanya menjelaskan keadaan atau status maupun profesi dari sesuatu atau seseorang pada kalimat tersebut. 

Pada kalimat non verbal  kita menggunakan kata kerja bantu ( auxiliary verbs) berbentuk to be sebagai predikat nya dan bisa di pasangkan dengan kata kerja bantu lainnya.

Auxilliary Verb adalah kata kerja bantu yang berfungsi sebagai kata kerja bantu untuk kalimat dalam bentuk Nominal sentence (non verbal sentence), selain itu kata kerja jenis ini berfungsi sebagai kata kerja bantu selain kata kerja utama ( baik dari kata kerja irregular verb atau regular verb) dengan tenses tertentu.

Penjelasan mengenai auxiliary verb ini, bisa kamu pelajari di Apa Yang Di Maksud Dengan Auxilliary Verb Dalam Bahasa Inggris.

Untuk memahami kalimat sederhana di bahasa Inggris dengan mudah, bisa kamu perhatikan pada contoh berikut:

Kalimat Verbal:

They go with us                       Mereka pergi dengan kita (bentuk positif (+) )
They don't go with us              Mereka tidak pergi dengan kita (bentuk negatif (-) )
Do they go with us?                Apakah mereka pergi dengan kita (bentuk introgatif (?) )

Catatan:

Kata don't dan do adalah jenis salah satu kata auxiliary verb yang digunakan untuk membuat makna tidak (don't) pada kalimat They don't go with us dan bertanya (Do)  pada kalimat Do they go with us?.

Kalimat Non-Verbal:

Rino is a student                Rino adalah seorang murid. (bentuk positif (+) )
Rino is not a student          Rino adalah seorang murid. (bentuk negatif (-) )
Is Rino a student?                   Apakah Rino seorang murid?     (bentuk introgatif (?) )


Catatan:

Kata is dan is not adalah jenis salah satu kata auxiliary verb yang digunakan untuk membuat makna tidak (is not (isn't) pada kalimat Rino is not a student  dan kalimat pernyataan serta bertanya (is)  pada kalimat Rino is a student dan Is Rino a student?.

Kamu juga bisa baca Yuk ! Pelajari Cara Membuat Kalimat Biasa, Kalimat Menyatakan Tidak, dan Kalimat Bertanya. untuk memahami konteks kalimat postif, negatif dan introgatif ini.

Serta baca Begini Cara nya Membuat Kalimat Sederhana, agar pemahaman kamu di langkah kedua ini jadi maksimal.

Langkah #3

Pahami dan kuasai TENSES di bahasa Inggris.




Seperti yang sempat disinggung pada langkah kedua diatas, yaitu mengenai tenses di bahasa Inggris. Berikut penjelasannya:

Ketika mendengar atau membaca tulisan tenses, apa yang kamu pikirkan? Tentu berbagai sudut pandang bisa muncul dengan berbagai persepsi yang berbeda ketika mendengar atau membaca kata tenses, mungkin kamu berpikir tenses sesuatu yang sulit untuk di pelajari di dalam bahasa Inggris. Padahal tenses ngga seribet itu kok !.

Alasan mempelajari tenses adalah agar ketika membuat kalimat bahasa Inggris, kita mengetahui kapan waktu sesuatu itu disampaikan, diberitakan, atau ditanyakan. Secara sederhana, dengan menguasai tenses dengan baik, maka kita akan mengerti bagaimana menyampaikan suatu kalimat bahasa Inggris sesuai dengan aturan kalimat nya dan di hubungkan dengan bentuk waktu penyampaiannya. Ya, tenses adalah bentuk waktu, bentuk waktu yang menginformasikan mengenai kapan kejadian suatu informasi di sampaikan melalui sebuah kalimat baik ucapan maupun tulisan. Dengan menggunakan aturan bentuk waktu nya di dalam kalimat yang disampaikan, komunikan atau yang menerima informasi dari komunikator (penyampai) nya akan mengerti kapan suatu peristiwa atau kegiatan terjadi.

Tujuan dari mempelajari dan menguasai tenses adalah agar kalimat bahasa Inggris yang kita pergunakan sesuai dengan aturan pakai menurut aturan tata bahasa nya. Sehingga bahasa Inggris kamu bisa diterima oleh native dengan baik ketika kamu berkomunikasi dengan mereka.

Kamu bisa memahami secara lengkap mengenai TENSES ini pada artikel berikut ini:



Pada bagian ini, tulisan tentang pembahasan mengenai TENSES tidak akan dibahas secara mendalam. Tentunya akan membuat tulisan pada artikel ini menjadi terasa terlalu panjang dan mungkin membosankan. Alasan nya adalah pembahasan mengenai tenses itu sendiri memang cukup luas karena tenses adalah salah satu rambu atau aturan berbahasa yang digunakan di bahasa Inggris selain aturan bahasa ( grammar) lainnya di bahasa Inggris. 

Namun untuk perlu diketahui dan boleh dikatakan 'WAJIB' dikuasai agar bahasa Inggris kamu bagus dan sesuai dengan bahasa yang disampaikan oleh native speaker, maka tenses adalah poin penting yang kamu kuasai di bahasa Inggris, selain bentuk aturan tata bahasa (grammar) lainnya di bahasa Inggris tentunya.

Apa saja TENSES yang perlu kamu kuasai? Berikut adalah daftarnya:

Tenses Ngga Seribet Itu kok !

namun jika anda sudah menguasai penggunaan 12 Tenses saja, ini akan memudahkan bagi kamu untuk dapat berbahasa Inggris sesuai dengan standar nya. 

Langkah #4

Pahami dan kuasai Perbedaan kalimat ACTIVE VOICE dan PASSIVE VOICE di bahasa Inggris.




Kalimat aktif ( active voice ) adalah sebuah kalimat yang memiliki subjek, yang bertindak atas kata kerjanya. Sedangkan kalimat pasif (passive voice) adalah subjek merupakan penerima tindakan kata kerja. Kedua bentuk kalimat ini selalu digunakan pada bahasa Inggris, tentu kedua nya memiliki aturan yang berbeda saat digunakan dalam menyampaikan kalimatnya.

Apa perbedaan antara kalimat aktif dan kalimat pasif?


Kalimat Aktif ( Active Voice )
Ketika subjek kalimat melakukan tindakan kata kerja, kita mengatakan bahwa kalimat itu dalam kalimat aktif. Kalimat dalam active voice memiliki nada yang kuat, langsung, dan jelas. Berikut adalah beberapa contoh singkat dan langsung dari kalimat aktif.

Kalimat Pasif (Passive Voice )
Sebuah kalimat dalam kalimat pasif, di sisi lain, ketika subjek diikuti oleh kata kerja. Kalimat pasif selalu dibangun dengan bentuk terkonjugasi ( dengan menggunakan kata sambung) ditambah dengan kata kerja past participle. Di dalam membuat kalimat pasif, terkadang kita sering menggunakan kata depan ( preposisi )

Perhatikan contoh kedua kalimat berikut ini :

Contoh kalimat aktif:

Jerry knocked over the lamp. ( Jerry menjatuhkan lampu )


Contoh kalimat pasif:


The lamp was knocked over by Jerry. ( Lampu dijatuhkan oleh Jerry)

Perhatikan pada contoh kalimat berikut ini :

ACTIVE   : Mary helped the boy   >>>> Mary ( tadi ) menolong anak laki-laki itu.  ( Kalimat A )

PASSIVE  : The boy was helped by Mary  >> Anak laki-laki itu (tadi) di tolong oleh Mary. ( Kalimat B )

Kata 'the boy' pada kalimat A yang merupakan Objek berubah menjadi Subjek pada kalimat B, dimana kedua nya memiliki pengertian yang sama. 

Singkatnya, kalimat pasif dalam bahasa Inggris dapat juga diterjemahkan merubah makna -me menjadi -di pada kalimat nya ( perhatikan contoh kalimat ).

Untuk menggunakan kalimat pasif di dalam bahasa Inggris, sebenarnya memiliki aturan yang sama ketika membuat kalimat aktif yaitu dengan menggunakan Tenses. Mengapa harus menggunakan tenses ? Karena tenses adalah aturan dasar dalam membuat kalimat bahasa Inggris yang menyesuaikan bentuk waktu peristiwa kapan kalimat itu disampaikan. Dan tenses bisa di pakai di dalam kalimat aktif (active voice) dan kalimat pasif (passive voice), yang membedakan adalah aturan pakai nya. 

Ada perbedaan dalam pemakaian tenses pada kalimat aktif dan kalimat pasif di bahasa Inggris. 

Untuk penjelasan selengkapnya mengenai topik ini bisa kamu baca:


dan...
 



Langkah #5

Pelajari topik lainnya tentang bahasa Inggris, khususnya mengenai tata bahasa (grammar) dan berbagai ungkapan (expression).




Untuk bisa berbahasa Inggris dengan baik diperlukan konsistensi, ketekunan dan kesabaran dalam belajar. Kemampuan bahasa Inggris seseorang ditentukan dari seberapa lama dan seberapa  sering ia berlatih serta terbiasa dengan bahasa Inggris tersebut. Ingat selalu peribahasa practise makes perfect (berlatih menjadikan nya sempurna) agar kamu tetap bisa terus konsisten dengan target pencapaian bahasa Inggris yang telah kamu tetapkan dan ingin dicapai. Serta no gain no pain (tidak ada pencapaian tanpa 'penderitaan')  agar kamu bisa sabar dalam proses belajar nya demi keberhasilan kamu dalam belajar bahasa Inggris.

Lalu, apa saja hal yang perlu kamu lakukan di langkah yang kelima ini?

Berikut beberapa hal yang kamu perlu lakukan dan perhatikan:

1. Butuh waktu, usaha dan konsistensi.

Terkadang kamu bisa merasa putus asa, terutama jika kamu tampaknya tidak membuat kemajuan sebanyak yang kamu inginkan. Ini normal, jadi jangan biarkan perasaan ini menghentikan kamu. Itu semua adalah bagian dari siklus belajar. Kamu dapat mencapai tujuan kamu dengan sedikit usaha dan dedikasi. Kamu bisa membaca 5 Tips Teruji Untuk Memulai Kebiasaan Bahasa Inggris Harian Kamu Sekarang agar kamu bisa tetap konsisten dengan usaha kamu dalam belajar.

Selain itu faktor waktu juga menentukan seberapa efektif kamu dalam belajar bahasa Inggris selain mentor atau tutor pengajar tentunya. Dunia pembelajaran bahasa bisa menjadi tempat yang menyenangkan dan bermanfaat. Bayangkan kamu memiliki seluruh budaya lain di dalam pikiran kamu, dan kamu dapat "menyalakannya" dengan mudah. Pembelajaran bahasa diajarkan di seluruh dunia di ruang kelas, dan cara belajar bahasa Inggris dengan cepat telah menjadi prioritas utama bagi kebanyakan orang. 

Kita hidup di era globalisasi, di mana kita dapat berkomunikasi dengan orang lain dari seluruh dunia secara instan. Semakin banyak orang mencari untuk bekerja dan tinggal di luar negeri. Era global ini telah menumbuhkan minat dalam pembelajaran bahasa, dengan lebih banyak orang mencari sumber daya yang ramah pengguna daripada sebelumnya.

Sebenarnya, belajar bahasa Inggris hanya dapat dicapai dengan berbagai tips dan trik belajar bahasa Inggris. Jika Anda meluangkan waktu, Anda akan menuai hasilnya. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari sumber daya yang Anda gunakan, Anda harus praktis. Di sinilah 4 modul utama yang digunakan oleh LilyPad yaitu (APEC) digunakan:

  1. Aspirasi  (Aspriration)
  2. Perencanaan  (Planning)
  3. Eksekusi  (Execution)
  4. Komitmen  (Commitmen)

Dengan menggunakan sistem ini, Anda dapat menemukan motivasi Anda dan memanfaatkannya dengan baik. Mengenai hal ini kamu bisa baca selengkapnya di Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Belajar Bahasa Inggris?

2. Terus tingkatkan kemampuan kosa kata.

Sekali lagi, perbendaharaan kata itu penting dalam suatu bahasa , begitu pula dengan bahasa Inggris. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membantu kamu mengingat kosa kata:

  • Simpan buku catatan kosakata yang terorganisir.
  • Lihatlah kata-kata itu lagi setelah 24 jam, setelah satu minggu, dan setelah satu bulan.
  • Baca, baca, baca. Semakin sering Anda 'melihat' sebuah kata, semakin mudah Anda mengingatnya.
  • Gunakan kata-kata baru. Anda perlu menggunakan kata baru sekitar sepuluh kali sebelum Anda mengingatnya!
  • Lakukan teka-teki kata dan permainan seperti teka-teki silang, anagram, dan pencarian kata.
  • Buat kartu kata dan bawa bersama Anda. Bacalah di bus atau ketika Anda sedang menunggu teman Anda.
  • Belajar kata-kata dengan seorang teman. Belajar dengan orang lain bisa lebih menyenangkan dan lebih mudah.
  • Pelajari cara menggunakan kamus. Informasi apa yang ada di sebelah kata dalam kamus? Tahukah kamu macam-macam kamus?
  • Pelajari beberapa kata tetapi tidak terlalu banyak. Sekitar delapan kata baru sehari adalah angka yang bagus.
Kamu bisa mempelajari topik lainnya terkait kosa kata di vocabulary.

3. Pelajari frasa atau Phrasal Verb di bahasa Inggris

Secara sederhana, dapat kita pahami phrasal verbs adalah sebuah frasa atau kata ungkapan yang terbentuk dari dua kata atau lebih antara kata kerja (verbs) dengan kata particle lain nya yang biasanya berupa kata keterangan (adverb) atau dengan kata depan ( preposition ) yang maknnya bisa menjadi sebuah kata kerja perbuatan.  

Phrasal verbs biasanya sering dipakai dalam bentuk kalimat informal ( tidak resmi ), So, saya tidak sarankan untuk banyak dipakai dalam kalimat yang tujuan nya untuk penulisan akademik (academic writing) seperti IELTS maupun TOEFL. karena phrasal verbs sering nya dipakai dalam dialog sehari-hari seperti dalam percakapan dengan teman, rekan kerja, guru, yang sifat nya tidak terlalu formal.

Contoh kalimat :

I always wake up at seven every morning. 

She gets up from her chair to announce the memo to everyone.

The coffee machine goes off suddenly when it's operated. 

Why did you dress up so long? We're gonna be late.

I have to dress up right now before I meet him. 


Untuk memahami topik ini, bisa kamu baca Apa yang dimaksud Phrasal Verbs ? serta 25 frasa idiom dalam bahasa Inggris dan artinya beserta contoh kalimat.


4. Belajar berbagai ungkapan (expression) di bahasa Inggris

Ungkapan atau ekspresi juga penting untuk kita pelajari. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kita dalam menyampaikan sesuatu dengan ungkapan-ungkapan umum yang sering digunakan tanpa kita perlu banyak berpikir bagaimana kalimat nya yang tepat sesuai konteks dan tujuan penyampaiannya. Untuk tahu apa saja ekspresi yang digunakan tersebut, kamu bisa pelajari di berbagai ekspresi di bahasa Inggris. 


5. Rajin dalam berlatih pendengaran (listening) dan bicara (speaking)

Berbagai langkah yang telah dijelaskan pada tulisan sebelumnya adalah berhubungan dengan cara membuat kalimat khususnya dengan membuat kalimat dalam bentuk tulisan. Hal ini juga berlaku pada proses belajar dengan cara mendengarkan dan berbicara. Apabila kamu telah biasa membuat kalimat yang benar di bahasa Inggris dengan cara menulis, maka membuat kalimat dengan cara berbicara juga bukan lah hal yang sulit. Hanya masalah waktu dan kebiasaan saja yang menjadi menjadi tantangan bagi kamu. Berikut adalah tips yang diberikan oleh Mr. Henriquez, seorang Guru bahasa Inggris Belanda yang memiliki ide tentang pengajaran, politik, kesehatan, dan teknologi. Ia mengungkapkan beberapa alasan bagaimana meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris anda sendiri. Kamu bisa baca di:


Serta...


Juga..


Dan..



Untuk latihan listening kamu bisa kunjungi LISTENING SECTION.


KESIMPULAN


Belajar bahasa Inggris dan memiliki kemampuan bahasa tersebut adalah hak bagi siapa pun. Bahasa Inggris adalah bahasa yang bisa dipelajari oleh semua orang, namun dalam proses nya tidak semua orang mampu dan berhasil menguasai bahasa Inggris tersebut. 5 Langkah efektif dalam belajar bahasa Inggris ini adalah panduan langkah dalam belajar bahasa Inggris sesuai langkah demi langkah agar proses yang kamu jalani saaat belajar menjadi lebih terarah dan mencapai hasil yang maksimal sesuai dengan target pencapaian keberhasilan yang kamu harapkan. Namun dibutuhkan waktu, energi, konsistensi bahkan terkadang biaya dalam mencapai tujuan tersebut. Pahami dan pelajari 5 Langkah efektif dalam belajar bahasa Inggris ini dengan baik agar kamu bisa maksimal dalam belajar bahasa Inggris. Selamat belajar dan semoga berhasil. 

Eits... untuk belajar bahasa Inggris melalui game bisa kamu lihat English Games.

 
Fifteen Words
Bagi kamu yang ingin selalu meningkatkan kosa kata Bahasa inggris kamu, bisa belajar di channel ini ya 😊 semoga bermanfaat.
Promo EngBreaking

more Quotes
Rekomendasi Buku
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

PERHATIAN !
Kamu senang baca buku? Yuk lihat rekomendasi buku yang mungkin cocok untuk kamu di Katalog Buku. Katalog Buku adalah situs review buku yang menjadi rekomendasi bagi para pecinta buku.

Iklan

ERHASTORE.CO.ID hadir sebagai jawaban atas tingginya permintaan customer untuk dapat berbelanja online produk-produk ERHA tanpa resep atau sering disebut ERHA Over-The Counter products (ERHA OTC). ERHASTORE.CO.ID menyediakan rangkaian produk ERHA OTC, mulai dari kategori anti aging, brightening (whitening), acne (jerawat), perawatan muka dan kulit, tubuh, kosmetik, hair grow (perawatan rambut rontok), perawatan untuk senior, produk bayi dan suplemen kulit dan rambut. ERHASTORE.CO.ID hanya menjual produk-produk ERHA yang asli dan teruji.
Toko Online
πŸ…±πŸ…°πŸ…·πŸ…°πŸ†‚ πŸ…ΈπŸ…½πŸ…ΆπŸ…ΆπŸ†πŸ…ΈπŸ†‚.πŸ…²πŸ…ΎπŸ…Ό

Subscribe Kami


R̼e̼k̼o̼m̼e̼n̼d̼a̼s̼i̼ B̼u̼k̼u̼ G̼r̼a̼m̼e̼d̼i̼a̼.com

Kunjungi

Rekomendasi Buku

Mungkin Menarik Bagi Anda:

Cari Artikel :

Sering Dilihat

    Rekomendasi Buku

    Ad Code

    close