5 Jenis frasa di bahasa Inggris yang wajib kamu tahu

5 Jenis frasa di bahasa Inggris yang wajib kamu tahu




Dalam linguistik, sebuah frasa adalah kumpulan kata yang membentuk unit gramatikal yang lebih kecil dari klausa. Frasa tidak mandiri secara gramatikal seperti klausa, tetapi mereka dapat berperan sebagai subjek, objek, atau pengganti kata benda dalam sebuah kalimat. Frasa terdiri dari dua atau lebih kata yang saling berhubungan secara gramatikal. Misalnya, dalam kalimat "the big brown dog", frasa "the big brown dog" adalah subjek kalimat. Frasa bisa berupa frasa nominal, frasa verbal, frasa preposisional, dan lain-lain, tergantung dari jenis kata yang membentuknya dan peran yang mereka mainkan dalam kalimat. 

Dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa jenis frasa yang umum digunakan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Frasa Nominal (Noun Phrase): Merupakan frasa yang memiliki kata benda (noun) sebagai intinya. Frasa ini dapat mencakup kata sifat (adjective), artikel (article), atau kata ganti (pronoun). Contohnya: "the big brown dog" (anjing coklat besar).

Frasa Verbal (Verb Phrase): Merupakan frasa yang memiliki kata kerja (verb) sebagai intinya. Frasa ini dapat mencakup kata keterangan (adverb), objek, atau kata-kata lain yang mendukung makna kata kerja tersebut. Contohnya: "is running quickly" (sedang berlari dengan cepat).

Frasa Preposisional (Prepositional Phrase): Merupakan frasa yang dimulai dengan preposisi (preposition) dan biasanya terdiri dari objek preposisi beserta modifier-nya. Contohnya: "on the table" (di atas meja).

Frasa Partisipial (Participial Phrase): Merupakan frasa yang berisi partisip (participle) dan kata-kata yang mendukungnya. Contohnya: "walking slowly" (berjalan perlahan).

Frasa Infinitif (Infinitive Phrase): Merupakan frasa yang menggunakan kata kerja infinitif (to + verb) sebagai intinya, kadang-kadang dengan modifier tambahan. Contohnya: "to read a book" (untuk membaca buku).

Frasa Gerund (Gerund Phrase): Merupakan frasa yang menggunakan bentuk gerund (verb + ing) sebagai intinya, yang berfungsi seperti kata benda. Contohnya: "swimming in the pool" (berenang di kolam).

Frasa Apositif (Appositive Phrase): Merupakan frasa yang memberikan informasi tambahan tentang kata benda di kalimat tersebut. Contohnya: "My friend, a talented artist, painted this mural" (Sahabat saya, seorang seniman berbakat, melukis mural ini).

Ini hanya beberapa contoh frasa yang umum digunakan dalam bahasa Inggris, tetapi ada banyak jenis frasa lainnya tergantung pada struktur dan fungsi dalam kalimat.

Belajar tentang frasa di bahasa Inggris memiliki beberapa tujuan yang penting:


1. Memahami Struktur Kalimat: Frasa membentuk bagian-bagian penting dari kalimat. Dengan memahami jenis-jenis frasa dan bagaimana mereka digunakan dalam kalimat, seseorang dapat memahami struktur kalimat dengan lebih baik.

2. Peningkatan Kemampuan Berbicara dan Menulis: Dengan menguasai frasa-frasa yang beragam, seseorang dapat menambahkan keragaman dan kekayaan pada kemampuan berbicara dan menulis mereka. Mereka dapat menggunakan frasa-frasa ini untuk menyampaikan gagasan dengan lebih jelas dan efektif.

3. Pemahaman Lebih Mendalam tentang Teks Bacaan: Ketika membaca teks dalam bahasa Inggris, pemahaman tentang frasa dapat membantu pembaca untuk mengurai kalimat-kalimat yang kompleks. Ini memungkinkan mereka untuk memahami makna teks dengan lebih baik.

4.Peningkatan Kemampuan Menerjemahkan: Dalam proses menerjemahkan teks dari bahasa Inggris ke bahasa lain atau sebaliknya, pemahaman tentang frasa membantu untuk mengatasi kesulitan dalam memahami dan menafsirkan struktur kalimat yang kompleks.

5. Penggunaan Bahasa yang Lebih Presisi: Dengan menguasai frasa-frasa yang berbeda, seseorang dapat menggunakan bahasa dengan lebih presisi. Mereka dapat memilih frasa yang tepat untuk menyampaikan maksud mereka dengan jelas dan efektif.

6. Persiapan untuk Ujian Bahasa dan Tes Kualifikasi: Dalam ujian bahasa Inggris atau tes kualifikasi, pemahaman tentang frasa sering kali diuji. Oleh karena itu, belajar tentang frasa merupakan persiapan yang penting untuk berhasil dalam tes semacam itu.

Dengan demikian, belajar frasa di bahasa Inggris merupakan bagian yang penting dalam mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris secara menyeluruh, baik secara lisan maupun tulisan.

Tips menguasai frasa di bahasa Inggris

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menguasai frasa di bahasa Inggris:

1. Pelajari Jenis-jenis Frasa: Mulailah dengan memahami jenis-jenis frasa yang ada dalam bahasa Inggris, seperti frasa nominal, frasa verbal, frasa preposisional, dan sebagainya. Kenali struktur dan karakteristik masing-masing jenis frasa.

2. Perhatikan Konteks Penggunaan: Amati bagaimana frasa-frasa digunakan dalam konteks kalimat. Pelajari contoh-contoh penggunaannya dalam teks bacaan, percakapan, atau materi belajar lainnya. Pahami bagaimana frasa-frasa tersebut berinteraksi dengan kata-kata lain dalam kalimat.

3. Buat Daftar Frasa: Buatlah daftar frasa-frasa yang Anda pelajari dan catat arti serta contoh penggunaannya. Buatlah catatan tambahan tentang jenis-jenis frasa dan aturan-aturan yang berkaitan dengan penggunaannya.

4. Latihan dengan Kalimat Sendiri: Setelah memahami frasa-frasa dasar, latihanlah dengan membuat kalimat-kalimat sendiri yang menggunakan frasa-frasa tersebut. Cobalah untuk menciptakan kalimat yang bervariasi dan mencakup berbagai jenis frasa.

5. Baca dengan Penuh Perhatian: Saat membaca teks dalam bahasa Inggris, fokuskan perhatian Anda pada penggunaan frasa-frasa. Identifikasi frasa-frasa yang digunakan dalam teks dan cobalah untuk memahami bagaimana frasa-frasa tersebut berkontribusi pada pemahaman keseluruhan teks.

6. Praktek Berbicara: Latihan berbicara dengan menggunakan frasa-frasa yang telah Anda pelajari. Ini akan membantu Anda memperkuat pemahaman Anda tentang penggunaan frasa-frasa dalam konteks percakapan sehari-hari.

7. Bergabung dengan Kelas atau Komunitas Belajar: Bergabunglah dengan kelas bahasa Inggris atau komunitas belajar online yang fokus pada pengajaran frasa. Dalam lingkungan ini, Anda dapat berdiskusi, berlatih, dan mendapatkan umpan balik dari sesama pembelajar atau instruktur.

8. Gunakan Sumber Belajar yang Diversifikasi: Manfaatkan berbagai sumber belajar seperti buku teks, video pembelajaran, situs web, aplikasi, dan materi pembelajaran lainnya untuk memperdalam pemahaman Anda tentang frasa-frasa dalam bahasa Inggris.

9. Berlatih secara Konsisten: Kunci untuk menguasai frasa di bahasa Inggris adalah dengan berlatih secara konsisten. Tetapkan jadwal belajar yang teratur dan habiskan waktu setiap hari untuk mempelajari dan berlatih penggunaan frasa-frasa.

Dengan mengikuti tips-tips di atas dan berlatih secara konsisten, Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda dalam menguasai frasa di bahasa Inggris.









 
Fifteen Words
Bagi kamu yang ingin selalu meningkatkan kosa kata Bahasa inggris kamu, bisa belajar di channel ini ya 😊 semoga bermanfaat.
Promo EngBreaking

more Quotes
Rekomendasi Buku
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

PERHATIAN !
Kamu senang baca buku? Yuk lihat rekomendasi buku yang mungkin cocok untuk kamu di Katalog Buku. Katalog Buku adalah situs review buku yang menjadi rekomendasi bagi para pecinta buku.

Iklan

ERHASTORE.CO.ID hadir sebagai jawaban atas tingginya permintaan customer untuk dapat berbelanja online produk-produk ERHA tanpa resep atau sering disebut ERHA Over-The Counter products (ERHA OTC). ERHASTORE.CO.ID menyediakan rangkaian produk ERHA OTC, mulai dari kategori anti aging, brightening (whitening), acne (jerawat), perawatan muka dan kulit, tubuh, kosmetik, hair grow (perawatan rambut rontok), perawatan untuk senior, produk bayi dan suplemen kulit dan rambut. ERHASTORE.CO.ID hanya menjual produk-produk ERHA yang asli dan teruji.
Toko Online
πŸ…±πŸ…°πŸ…·πŸ…°πŸ†‚ πŸ…ΈπŸ…½πŸ…ΆπŸ…ΆπŸ†πŸ…ΈπŸ†‚.πŸ…²πŸ…ΎπŸ…Ό

Subscribe Kami


R̼e̼k̼o̼m̼e̼n̼d̼a̼s̼i̼ B̼u̼k̼u̼ G̼r̼a̼m̼e̼d̼i̼a̼.com

Kunjungi

Rekomendasi Buku

Mungkin Menarik Bagi Anda:

Cari Artikel :

Sering Dilihat

    Rekomendasi Buku

    Ad Code

    close